Menikmati Kereta Api Ekonomi


Ketika saya sebutkan Kereta Api Ekonomi, kira-kira kata apa yang muncul di pikiran anda? Saya yakin banyak yang terucap “Kumuh, Telat, Penuh sesak, Pengamen, Asongan”. Mungkin banyak benarnya. Oopss, sebentar. Saya akan mengajak anda sejenak merasakan yang tadi malam saya alami, ketika naik kereta api ekonomi.
Sawunggalih Ekonomi atau juga disebut Kutojaya Ekonomi, sesuai namanya adalah kereta api kelas ekonomi jurusan Kutoarjo-Tanahabang. Tidak seperti kereta api ekonomi pada umumnya, gerbong kereta api ini kondisinya cukup bagus. Bahkan boleh dibilang lebih bersih daripada Sawunggalih Utama. Ya, maklumlah baru dua bulan ini gerbong panjangnya diganti baru. Joknya juga lumayan empuk, cuma sandarannya yang tegaklurus bikin pegal di pinggang.
Dari Kutoarjo, Kutojaya berangkat jam 17.40 wib. Meskipun kadang molor, tapi lebih sering tepat. Karena pangsa pasarnya adalah kedu selatan dan purwokerto, Kutojaya berhenti di Prembun, Kebumen, Karanganyar, Gombong, Kroya dan Purwokerto. Biasanya kalau sudah sampai Gombong kereta ni penuh sesak. Beruntung penumpang dari Kutoarjo dan sekitarnya yang masih leluasa pilah-pilih tempat duduk. Tapi kalau anda naik kereta ini minggu malam dari kebumen atau Gombong, jangan berharap bisa dapat tempat duduk. Atau kalau bawa anak kecil, mendingan diganti hari yang lain aja.
Kalau kereta api yang lain sering telat sampainya, Berbeda dengan kereta ini. Jam 02.00 malem, dijamin anda sudah bisa duduk manis di stasiun Jatinegara. Kalaupun telat, jam 3 pagi anda sudah bisa menghirup udara jakarta. Karena itu, banyak yang naik kereta ini. Untuk kereta api ekonomi, Kutojaya termasuk pilihan yang terbaik. Pengamen, rasanya enggak bakalan ditemui di kereta ini. Kalau pengasong sich tetep ada (Wong kereta klas bisnis aja banyak asongannya).

Dari Kutoarjo,anda cukup mrogoh kocek 30.000 rupiah untuk sampai di Jakarta. Itulah kenapa kutojaya nggak pernah kosong, terutama kalau malam liburan.

Semoga, segala keunggulan Kutojaya Ekonomi bisa bertahan lama.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: