11 Mb di Linux = 5,5 Mb di Windows


Hari ini aku nyoba mindahin file excel yang biasa aku kerjain pake openoffice ke komputer yang pake msoffice. Masalahnya file ini lumayan gede, 11 mb menurut keterangan di komputer linux. Untuk buka file segede ini aja, wuih lamanya minta ampun. Apalagi kalau sore, pas komputer lagi panas-panasnya. Setelah aku pindahin, aku coba buka di ms excel. Nggak ada masalah. Tanpa diedit sedikitpun, file aku tutup. Mas excel nanyain ” Would you like to save the change……?” padahal nggak ada yang aku ubah dikitpun. Aku klik yes aja, dan yang terjadi ukuran file yang tadinya 11 mb kok sekarang jadi 5,5 mb. Lha separonya tadi kemane ye ??
Dicek lagi, enggak ada yang berkurang di file yang baru. Isinya masih sama.


Binun nich, ada yang bisa bantu menjelaskan??

2 Tanggapan

  1. Wah saya gak bisa njelasin, tapi pernah ngalamin juga tapi kebalikan.
    Coba file yang besar itu dari Windows trus kita buka di Linux, di save. Maka filenya jadi kecil juga.

  2. Menurut Idealware, “Writer’s native format generally creates smaller files than Microsoft Word’s”. Jadi mungkin kalo disimpan dengan format ods atau odt bisa lebih kecil ukurannya daripada kalau dengan format xls atau doc. Tapi saya juga belum pernah mencoba sih, apalagi untuk file yang ukurannya sampai sebesar itu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: