Pasaran (bagian I)


Pernah merasakan punya sesuatu yang pasaran, yang dimana-mana ada? Mungkin nama anda adalah nama pasaran, mungkin wajah anda adalah wajah pasaran?? Dan saya mengalami dua hal tersebut.
Soal nama, tentu ndak ada yang mbantah kalau nama Eko adalah nama pasaran, khususnya di Jawa tengah, Jogja dan Jawa Timur. Jika kita berteriak memanggil nama Eko di sebuah kerumunan orang, setidaknya ada 10 orang yang merasa namanya dipanggil. Nggak heran, karena eko artinya satu. Jadi saking sederhananya pemikiran orang jawa sehingga sebagian orang akan memberi nama anak pertama mereka dengan “EKO”.
Tapi, saya enggak bakalan protes ke Bapak dan Ibu, karena mereka pasti memberi nama dengan maksud dan tujuan yang baik. Denger-denger sih kalo diterjemahkan nama EKO SUPRIYANTO berarti :

  • Eko– Dimanapun orang tau kalo artinya SATU
  • Su — Menurut mbah-mbah, artinya BAIK. Misalnya Suharto berarti harta yang baik, Subagyo (Kebahagiaan dalam kebaikan), Sudarmo (Darma yang baik), jadi kata Su-su artinya baik-baik. Ha..lahhh.
  • Priya — sebenarnya dari kata PRIA yang artinya laki-laki
  • To — Kalau dibaca yang mantap, pasti terdengar menjadi Tok, yang menurut orang jawa berarti “the only”, nggak ada yang lain.

Kalau dirangkai, semua yang baca di sini harus setuju dan ndak buleh protes kalau “Eko Supriyanto” diartikan oleh bapak dan ibu saya sebagai “Satu-satunya pria yang baik, nggak ada yang lain”. Ehmmm, maunya sih.

Tapi setidaknya, buat tasya dan ibunya, hal ini sudah terbukti. Gak percaya, tanya wis pada mereka berdua.

Terima kasih Bapak, terima kasih ibu yang sudah memberi nama begitu indah meskipun pasaran.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: