Bike to Work, Sebuah tantangan


Bersepeda ke Kantor?? Untuk di sini atau kota ini mungkin hal yang biasa dan lumrah. Tapi kalo di Jakarta, mungkin itu sebuah tantangan yang sangat besar. Dan Mas Krepo saat ini sedang berpikir untuk menaklukkan tantangan ini. Butuh sebuah keberanian besar hanya untuk menggenjot sepeda di kota sebesar Jakarta.

Bersepeda, sebuah aktivitas menyehatkan yang sudah lama dilupakan oleh Mas Krepo. Kalo ndak salah, sejak dinyatakan bebas dari penjara SMA, kegiatan kayuh mengayuh ini sudah sangat jarang dilakukan.
Tergerak oleh keinginan luhur untuk mengurangi sedikit pencemaran udara Jakarta yang sudah melebihi ambang batas, dan terpengaruh racun manis dari komunitas b2w, maka bulatlah tekad mas Krepo untuk segera ber bike to work, gowes ke kantor.

Beberapa ganjalan yang masih terus menjadi pikiran mas Krepo sebelum niat baiknya terlaksana :

  1. Jarak dari tempat tidur ke tempat kerja, sekitar 5 kilogrammeter. Tidak terlalu panjang, tetapi selepas jam 06.30 pagi, rute ini sangat ramai, bahkan sering macet. Sehingga, untuk ber b2w, mas Krepo harus bangun lebih pagi.
  2. Tidak adanya jalur khusus sepeda di jalanan ibukota. Tau sendiri bagemana kelakuan pengendara kendaraan bermotor di sini. Ngeri banget.
  3. Tempat parkir di kantor, sama sekali ndak ada sejengkal tanah khusus untuk sepeda.
  4. Ndak adanya teman sekantor dalam ber b2w ini, akan menjadikan mas Krepo bakal dicap sebagai orang aneh yang kurang kerjaan. Bahkan Klining Serpis di Kantornya mas Krepo ndak ada yang pake sepeda.

Beberapa hal yang menjadi penyemangat dalam proyek b2w ini :

  • Sang Menteri Keuangan dan si kecil tercinta sudah mendukung 100%. Berkat dukungan mereka, sebuah sepeda MTB merk UNITED sudah berhasil ditebus dari tokonya. Ketika dicoba, ehm sudah sangat nyaman, meskipun menurut para pakar sepeda, ini adalah type low-end. Garpu depan sudah pake peredam kejut, diharapkan ndak menyiksa di jalan ndak rata. Cuma, sadel yang kecil dan keras, bikin pantat lumayan pegal juga (Ndak pa-pa, baru awal pake perlu adaptasi dulu).
  • Keinginan untuk tetap sehat. Mas Krepo sadar, bahwa sekarang ini sangat jarang berolahraga. Dengan b2w ini, setidaknya mengajak jiwa dan raga untuk tetap sehat, Semoga.

Kapan Mulai??
Nah, setelah berwacana, tibalah waktu untuk take action. Setelah ditimbang-timbang, Mas Krepo memutuskan untuk memulai b2w ini selepas lebaran nanti. Lahhh, masih jauh bener.
Untuk bulan ini, Mas Krepo lagi beradaptasi dengan sepeda, caranya tiap minggu pagi bakal nyoba muter-muter kampung dulu. Biar napas ndak kaget.
Bulan Puasa, kayaknya belum mampu deh untuk bergowes tiap pagi ke kantor . Masih takut tenggorokan kering.

Sehingga, sodara-sodari sidang blogger yang berbahagia, melalui blog ini mas Krepo mohon do’a restunya, supaya program yang dirancang dengan begitu indahnya ini bisa terlaksana dengan baik. Atau, ada yang mau ngikut??

Sebuah keinginan, melihat rambu ini di Jalanan Jakarta.

Thanks to :
Komunitas b2w
Genjot yukk
blog sepeda

6 Tanggapan

  1. Mas Krepo itu siapa sih?
    Tapi salut saya sama mas Krepo ini. Berani memulai sebuah perubahan, bukan sekedar menyaksikan saja.

  2. Eh, di Jkt ada jg kok yang maniak ma speda, bonus aja 1/2nya buat beli speda, tiap hari PP kantor genjot speda, 20km an lah+macet+debu. Katanya mo ngirit, dah ga punya duit, namanya mas Ridho, betis nye miriiiiip bgt dgn mas Krepo hehe…. Eko, jgn genjot sepeda ya, ntar tinggal tulang doank lohhh…

  3. Berani Upload foto Mas Krepo nggak neh.
    Kalau 999.9% orang di dunia ini kayak Mas Krepo, maka bisa dipastikan pemanasan global tidak akan terjadi. Dan juragan-juragan pom bensin bangkrut, pindah bisnis jualan sepeda.

  4. Salut deh mas… mudah-mudahan betah pake sepeda ke kantor. udah nyiapin tukang pijit belum ?

  5. @b.septiyanto:
    Mas Krepo? Tunggu aja sampe dia berani muncul di sini.

    @dinie :
    Pantesan om ridho kepalanya botak, kebanyakan naik sepeda kali yaa.
    Dien, emang udah liat betisnya masKrepo?

    @liex’s :
    Mas Krepo ndak mau difoto. Takut dikenali sama juragan pom bensin.

    @Fetro :
    Lha ini. Karepe ngirit ongkos bensin, malah boros buwat pijetan. Boros tapi nikmat. Ada yang tau panti pijat syariah??

  6. Mas Krepo ayooo… Semangat bersepeda ke kantor!

    Saya baru juga mulai bersepeda ke kantor yg rutin, sebelumnya berdasar mood saja. Tapi sejak sebulan sebelum puasa, sudah langsung tiap hari ke kantor.

    Kalau medannya macet sebaiknya pakai masker dan latihan jalan pelan jaga keseimbangan. Emang nyetir yg paling susah jalan pelan dlm kemacetan, mau mobil, motor, atau sepeda.

    Mempraktekkan bike 2 work saya 3 minggu pertama paha pegel, habis itu enak…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: