Sepeda Gazelle


Gazelle, mungkin bisa disebut sebagai merk sepeda yang sangat fenomenal. Harga satu sepeda gazelle, saat ini dapat disetarakan dengan harga sebuah sepeda motor matic keluaran terbaru. Padahal sepeda gazellenya keluaran tahun nggak enak. Dan ternyata, di negerinya sana, pabrikan sepeda gazelle ini masih aktif sampai dengan hari ini. Ya jelas aja, masyarakat Belanda memang sangat cinta bersepeda.

Dan berhubung sampai hari ini suKrepo belum bisa beli sepeda gazelle ini, sukrepo hanya mampu kopi paste sejarah sepeda gazelle ini dari website resminya, www.gazelle.nl. Bisa kopi paste ini aja udah seneng banggets. Sekalian artinya, biar kita tau maksudna.

1892: Willem Kölling, postkantoorbeheerder te Dieren, neemt ontslag en begint een handel in fietsen door 1 fiets uit Engeland te bestellen. Zijn handel breidt zich snel uit. Kölling zoekt samenwerking met de Dierense ijzer-, kachel- en haardenspecialist Rudolf Arentsen. Zij richten in datzelfde jaar nog de firma Arentsen en Kölling op.

1892 : Willem kolling, seorang kepala Kantor Pos di Dieren (Tentu di Belanda), keluar (pensiun) dari kerjaannya dan mulai berbisnis jual beli sepeda dengan memesan sepeda dari Inggris. Usahanya ini sukses besar. Kemudian Willem Kolling berkolaborasi bin kerjasama dengan Rudolf Arensten, seorang penjual eceran hardware dan kompor (nggak tau kompor minyak tanah atau kompor gas).

1902: Arentsen en Kölling kopen op de plaats van de huidige fabriek een bestaand bedrijfsgebouw en beginnen hier met de productie van fietsen. In hetzelfde jaar komt het eerste complete rijwiel onder de naam Gazelle op de markt.

1902 : Arentsen dan Kolling mulai membangun pabrik sepeda pertamanya. Dan merk Gazelle yang dipilih sebagai merk sepeda buatan mereka.

1903: Gazelle lanceert zijn eerste motorfiets, die echter niet zelf gefabriceerd is.

1903 : Gazelle memperkenalkan sepeda motor pertama mereka, meskipun sepeda motor ini bukan asli buatan pabrik gazelle.

1905: Ondanks de goede gang van zaken trekt Arentsen zich uit het bedrijf terug. Arentsen’s plaats wordt ingenomen door Hendrik Kölling, een broer van Willem.

1905 : Arentsen cabut dari gazelle, nggak tau kenapa. Lalu posisinya digantikan oleh Hendrik Kolling, dilihat dari namanya, jelas beliau ini sodaranya mas Willem Kolling.

1912: Met de grote uitbreiding van het oorspronkelijke pand en de moderne
“speciaal-machines” kunnen de eigen fietsproductieplannen volledig worden gerealiseerd. Men
specialiseert zich nu geheel in de bouw van complete fietsen, terwijl daarnaast de grossierderij
tot bloei komt.

1912 : Mereka membuat gebrakan dengan melakukan ekspansi secara besar-besaran, menggunakan mesin yang modern untuk menghasilkan produk sepeda yang berkualitas. Jualan sepeda mereka pun laris manis.

1915: De firma wordt door de Köllings en hun neef Jan Breukink omgezet in “N.V. Gazelle Rijwielfabriek v/h Arentsen en Kölling”. De volgende vijfentwintig jaar worden gekenmerkt door een sterke groei van het bedrijf. Niet alleen de verkoop van fietsen in Nederland maar ook de export neemt fors toe. De groeiende afzet van Gazelle fietsen in het toenmalige Nederlands Oost-Indië draagt hiertoe in belangrijke mate bij. Naast “gewone” fietsen worden o.a. ook gemotoriseerde tweewielers, transportfietsen en driewielers voor uiteenlopende branches geproduceerd.

1915 : Kolling bersaudara dan keponakannya mengubah nama perusahaan menjadi “N.V. Gazelle Rijwielfabriek v/h Arentsen en Kölling”.Dan perusahaan sepeda inipun semakin meningkat dalam penjualan. Mereka pun mulai merambah pasar internasional dengan permintaan pasar luar negeri yang juga semakin tumbuh pesat. Termasuk juga di Indonesia, yang saat itu masih menjadi jajahan Belanda. Selain sepeda model konvensional, mereka juga memproduksi sepeda yang aneh2, sepeda bermotor (bukan sepeda motor loh), sepeda untuk ekspedisi alias pengangkutan, serta sepeda beroda tiga (mungkin model vespa pake sespan ya). Pokoknya komplit untuk semua sektor industri dah.

1930 of 1931: Gazelle stelt de modellen 9X en 8V met kruisframe voor.

1931 : gazelle memproduksi sepeda dengan rangka model palang silang 9X dan 8V

1931: Als goedkopere uitvoering verschijnt het merk Invicta in de catalogus van Gazelle. Daarnaast wordt ook de merknaam Gelria ingevoerd.

1931 : Untuk menambah ragam merk (atau type), gazelle pun memasukkan merk Invicta dalam katalog produk mereka. Nggak ketinggalan pula merk Gelria diperkenalkan pula.

1935: Gazelle brengt de eerste tandem uit, die in de jaren voor de Tweede Wereldoorlog bijzonder populair is. In het eerste jaar worden meteen al 600 stuks verkocht.

1935 : Gazelle memperkenalkan sepeda tandem, yang menjadi favorit pada masa sebelum perang dunia II terjadi. Tercatat 600 sepeda model begini terjual waktu itu.

1937: Een door Philips ontworpen elektrische fiets met 12 V accumulator wordt door een vijftal bekende Nederlandse rijwielfabrieken vervaardigd. Gazelle is hieronder de belangrijkste en bouwt 117 stuks. Een doorslaand succes wordt het echter niet. De oorlogsjaren zijn voor Gazelle, evenals voor veel andere Nederlandse bedrijven, niet gelukkig. De meeste machines worden door de bezetter naar Duitsland afgevoerd. De overgebleven machines worden vlak voor de bevrijding door een speciaal “Sprengkommando” onklaar gemaakt. Daarnaast heeft de fabriek Willem Kölling ernstig te lijden van de oorlogshandelingen. In Augustus 1946 komt de eerste naoorlogse Gazelle op de markt, in 1950 het eerste Gazelle hulpmotor-rijwiel. De bouw van transportfietsen en transportdriewielers wordt voortgezet.

1937 : Sepeda electric menggunakan sumber tenaga akumulator 12 V diproduksi, dengan desain oleh perusahaan sepeda Philip. Pengerjaan proyek sepeda ini dilaksanakan oleh lima pembuat sepeda yang sangat kampiun. Dan gazelle termasuk salah satu diantaranya, dan membuat 117 sepeda tersebut. Tetapi sepeda hasil proyek ini enggak begitu terkenal. Seperti yang dialami perusahaan lain, Gazelle juga mengalami masa sulit pada masa-masa perang. Peralatan pabrik mereka dirampas dan dibawa ke Jerman. Pabrik-pabrik mas Kolling pun banyak yang hancur akibat perang.

Bulan Agustus 1946, sepeda pertama gazelle muncul setelah perang berakhir. Dan tahun 1950, gazelle memproduksi sepeda pertama yang dilengkapi motor yang bisa dilepas-pasang. Produksi sepeda untuk angkutan serta sepeda beroda tiga pun diproduksi kembali.

21 Tanggapan

  1. overdomma you exstrimes bisa pakae bahasa orang saya..!!
    😆

  2. BBM kan tambah mahal neh, 6000 se liter, rame2 pake sepeda aja kali yaa… kalo capek genjot baru pake mesin, ngomong2 gazelle ini di jual gak di jkt ?

  3. keren.. salam kenal

  4. lestarikan sejarah tempoe dulue..salam kenal saya orng banjarmasin kalsel… disana banyak model sepeda unto terutama simplexxx,ray,rudge dipake sama petani ngangkut beras sampe 4karumggg…

  5. aku punya gazelle masih orisinil tapi tidak terawat….berani bayar berapa…..?

  6. bang nurkasan..boleh tuh…
    ane lg nyari2 sepeda onthel, keknya enak jg liat orang naek sepeda onthel…??mo dilepas brp?ada potonya gak?please kirim ke wibowoarie@gmail.com ya..

    thanks

  7. mo numpang nanya ni…?
    kakeknya aku punya vespa bodinya Bulat, trus di bawah joknya kayak ada laci lemari gitu deh… pokoknya gak kayak Vespa yang sering aku liat di jalan2, tapi Vespa. lampunya ada di sparboar depan, pokoknya aneh dah…..
    kira2 itu motor apa ya..?
    kalo di jual kira2 laku gak..?

    makasih ya…!

  8. nurkasan, boleh juga saya yg ngrawatnya…
    gambar bisa diimel k david_p_hutajulu@yahoo.com
    btw, lokasinya dmn ya…?

  9. berapa harga gazelle clasic nya
    di indonesia alamat / kontak kemana ?
    boleh kirim gambar yang detail ke email saya
    tks

  10. klo nyari onderdil sepeda gazelle yg komplit n murah dimana ya?

  11. aku punya sepeda gazzele 3 .. masing 2 dah ditawar 15jt. ada yang mau minat ?

  12. Maaf, terjemah dari bahasa Belanda sangat jelek, cari seorang ahli dong.

    • Is goed vried wat wilt je eigenlijk
      Ik kan goed Nederlands en ik heb alles wat je nodig heeft?
      Aq bukan ahli tp bisa berbahasa penjajah
      makanya q tak mau di jajah
      slm persahabatan
      mvg Agung

  13. Saya punya sepeda city jungle gazelle, keluaran terbatas…..yg berminat hubungi email di atas…..

    Salam Arema

    • Di lepas berapa tu cj gazellenya Ar n smua msh ori
      tlg infoe
      tlg hub nieh telq +31616299399
      email;cendana@live.nl
      Agung

  14. Saya ada GAZELLE ukuran 26 kondisi 90% Original…Nomer Rangka 1409XXX tahun 1958 oleh-2 dari Jerman. Lokasi Brang di Jogja Minat hub : 085 7275 28882 (Maaf khusus untuk Gazelle Mania)

  15. adooooh mahal banget tu gazelle gan
    cari onderdelnya susah!knapa orang kita gak bikin tu onderdel yaa yg bisa di jangkau ama orang cilik kaya saya gan”
    salam damai n keluh

  16. Yaa kang iwan!!!! apa yg gak mahal spt jaman skarang ini, cuman sinar matahari yg gratis pa lagi di blanda smua mahal biaya hidup mahal qta hidup hampir sparo gajih qta cuman tuk bayar tu belasting/pajak
    makanya lhoe2 yg tinggal di indo hrs masih bersyukur gak bayar begitu bayak pajak
    salam syukur

  17. saya tertarik gazelle milik anda, berapa mau dilepas jual, hubungi saya……. makasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: