Investasi Emas


Ada petuah bijak dari orangtua kita dahulu, bahwa untuk memastikan masa depan yang lebih baik kita disarankan untuk menabung. Dan jika kita mendengar kata menabung tentu yang langsung muncul dalam memori adalah menabung uang di Bank. Ya, karena memang di Bank adalah tempat yang benar untuk menabung uang.
Tetapi jaman sekarang sudah berganti, ketika fasilitas tabungan di Bank sudah sedemikan memudahkan nasabahnya untuk menyimpan dan mengambil uang kapanpun, tujuan menabung di Bank sudah bukan lagi sebagai investasi untuk masa depan tetapi sekedar tempat transit sebelum uang uang tersebut kita belanjakan. Ya dengan kelebihan fasilitas yang diberikan oleh Bank seperti kartu ATM dan kemudahan lain di satu sisi merupakan nilai tambah dari layanan perbankan tetapi di sisi lain adalah nilai negatif untuk untuk invesati masa depan.
Jika demikian, bagaimana kemudian kita bisa menabung sedikit demi sedikit untuk melindungi masa depan kita? Membeli emas. Ya, dengan membeli emas kita lebih dapat menjamin bahwa tabungan kita tidak akan mudah terganggu oleh kebutuhan saat ini. Mengapa demikian? Emas, baik perhiasan maupun batangan memang sangat likuid d dan mudah untuk diuangkan tetapi tidaklah semudah kalau kita memegang kartu ATM. Dan jika kita butuh dana mendadak, emas tetap dapat kita andalkan untuk mencukupinya tanpa kita mengurangi nilai harta kita. Caranya dengan menggadaikan aset emas yang kita miliki. Dengan menggadaikan emas, kebutuhan kita terpenuhi tetapi asset tersebut masih tetap dimiliki.
Pertanyaan lain yang kemudian muncul, dengan harga emas yang semakin hari semakin tinggi menyulitkan untuk membeli emas sebagai sarana investasi. Ada seorang kawan yang bercerita bahwa ketika berencana ingin membeli emas dia harus menyisihkan penghasilan bulanan kemudian setelah uang terkumpul baru dibelikan emas. Kendalanya adalah ketika uang sudah terkumpul saat itu juga ternyata harga emas sudah lebih tinggi daripada saat dia mempunyai rencana berinvestasi emas. Akibatnya uang yang dia kumpulkan tidak dapat memperoleh emas dengan berat yang diinginkan sebelumnya.
Sekarang, problem tersebut telah dapat diatasi. Kita bisa merencanakan berinvestasi emas dengan menyisihkan penghasilan bulanan tanpa takut terkena imbas kenaikan harga emas. Caranya dengan membeli emas secara kredit alias diangsur. Ini adalah cara yang cerdas untuk berinvestasi emas. Dengan modal uang muka yang dimulai dari 20% dari harga emas, kita sudah bisa mengunci harga emas pada harga saat ini dan tidak perlu khawatir jika kemudian terjadi kenaikan harga. Keuntungan lainnya, dengan uang yang kita miliki saat ini, kita bisa mendapatkan emas dengan jumlah yang lebih banyak jika dibandingkan dengan cara tunai. Misalnya dengan harga emas Rp.500.000,- pergramnya, jika kita mempunyai uang Sepuluh juta rupiah maka kita hanya bisa membeli emas sebanyak 20 gram jika dengan sistem tunai. Tetapi jika kita membeli emas dengan sistem angsuran, dengan uang yang sama kita bisa berkesempatan mendapatkan emas 5x lebih banyak. Ya, uang yang kita miliki tadi lebih baik jika dijadikan uang muka investasi. Bulan berikutnya kita tinggal menyisihkan lagi sebagian penghasilan bulanan untuk mengangsur.
Jika anda ingin berinvestasi emas secara cerdas dengan sistem angsuran, silakan datang ke outlet Pegadaian di sekitar anda. Saat ini Pegadaian memiliki produk Pegadaian Mulia yang menyediakan fasilitas kepemilikan emas batangan 24 karat dengan sistem angsuran. Tetapi jika anda ingin membeli emas batangan secara tunai, Pegadaian juga memiliki unit penjualan emas tunai yang bernama Galeri24. Di Galeri24 milik Pegadaian terdapat di 51 Cabang di seluruh Indonesia. Pegadaian juga sudah meluncurkan penjualan LM secara online melalui website http://www.pegadaian.co.id.

Sekarang keputusan berinvestasi emas ada di tangan anda. Selamat memilih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: