Internet Murah (an)


Perang tarif operator seluler makin gila aja. Kemarin di koran kompas, ada iklan se gedhe gajah dari Mentari, “Gratis Nelpon di Menit Pertama” (Plus bonus senyum manis Dian Sastro). Nampaknya tarif Nol Persen dah ndak mempan lagi untuk bertanding. Operator lain,  XL, ndak mau kalah dengan  ngeluarin tarif 0.1 rupiah/detik ke semua  operator, mulai hari ini. Omaigat, semua operator!!!! Tentu dengan syarat dan ketentuan yang bikin kepala meledak.

Ndak, sebenernya suKrepo ini ndak mau mbahas tarif ngobrol yang murah ini. Cuma pengen ngoment aja, kok ndak ada operator yang ngobral harga murah dan berkualitas untuk sekedar berinternet. Untuk ukuran kantong denBagus Krepo, tarif internet lewat henpon kok ya masih muahal. Tengoklah telkomsel dengan FlashGordon yang amat sangat menguras isi kantong. Rp.350/menit, gila aja. Atau XL yang kerjasama dengan banyak ISP, kayak Centrin. Harganya masih 300-350rebu per bulan, meskipun unlimited. Masih mahal, secara internet cuma dibutuhin suKrepo untuk nyampah doang. Yang mungkin agak murah, si Mentari dan sodaranya IM3 yang ngasih tarif cuman satu rupiah/Kbnya. Tapi ini tarif promo, yang ndak jelas kapan tuntasnya. Ngelirik operator CDMA, kayaknya masih pada pasang tarif 5-12 rp/kb. Yang timebase juga masih mahal, hampir cemban/jamnya. Kalo sehari 2 jam, internetan sebulan dijamin jatah makan habis buwat pulsa nehh.

Akhir taon 2007, Sutarwan yang masih sodaranya Mentari ngeluarin tarif yang cukup murah untuk internetan. Cukup keluar receh tiga ribu rupiah untuk menikmati internet selama 1 jam. Hmm, ndak perlu nyambangin warnetnya Regsa untuk sekedar nyari gambarnya mbak Maria oz berita tentang pak Harto. Kayaknya perlu dicoba nehh..

Hari pertama iklan Ngorbit beredar, suKrepo langsung nyamperin beberapa tukang juwalan voucher di sekitar rumah. Hasilnya nihil, bloom banyak yang juwalan nih perdana sutarwan. Akhirnya dapet juga, setelah mampir ke salah satu Pusat henpon di jakarta.

Kartu dah dapet. Tinggal nyari modem nih. Beberapa alternatif modem CDMA segera dipertimbangkan. Pertama, modem CDMA berbentuk PCMCIA. Bagus, tapi masih mahal. Wong cuma buwat percobaan aja. Kedua, modem CDMA berbentuk USB. Harga lebih murah dikit dibandingkan yang PCMCIA. Ketika udah siap mau mbeli, sebuah wangsit bisikan mesra terdengar ditelinga suKrepo. “Po, kok ndak beli henpon aja. Henpon cdma kan banyak tuh. Kalo buwat modem aja, Nokia 2115 juga dah bisa diandelkan”. Hmmm, boleh juga nehh. Ndak nyampe setengah jam dari diterimanya bisikan setan tadi, sebuah henpon seken berjudul nokia 2115 sudah berada di genggaman. Ndak lupa suKrepo dah dapet kabel CA-42 (jelas palsu, wong cuma 30ribu rupiyah) untuk mengawinkan laptop sama henpon. Jebrat-jebret sebentar, laptop pun segera siap menjelajah situs-situs porno dunianya maia. Berhasil…berhasil…horee..horee… *Dora mode :on.

Tapi…… benar-benar bedebah. Murah, tapi kualitas ancur bener. Koneksi internet pake sutarwan ini bener2 kayak jalannya keong (Masih mending keong yang bisa menang lomba lari lawan kancil).  Ndak tau, ini salah laptop, kabel data, henpon atau sutarwan-nya. Tapi suKrepo lebih seneng nuduh sutarwan sebagai biang keladinya. Soalnya, kalo pake kartu berjudul Fren, larinya internet jadi lebih kenceng. Padahal sinyal sutarwan di istananya suKrepo sangat-sangat full. Jadilah sutarwan ini tertuduh. Dan, tambah hari, kabel data yang bajakanpun ikut-ikutan rewel. Hiih, kayaknya minta pensiun dini nih kabel.

dan akhir cerita sudah bisa ditebak. suKrepo kembali ke selera asal sebagai biangkerok  yang merongrong benwit kantor. Baru deh terasa ngiritnya. Kadang2 aja, kalo pas kangen sama miyabi onlen tengah malem, henpon dimanpaatin lagi untuk internetan.

Poo, Krepoo. Kere wae kok pengen internetan.

6 Tanggapan

  1. poo..krepooo, golek internet sing ra marai kere wae…

    ndak ada internet RTRW po sini? lebih murah saya kira ?

  2. saya pengguna IM3 dan hanya menggunakan gprs untuk YMan…ohohhooo…

  3. @regsa:
    suKrepo ini tinggal di kolong kali ciliwung. dan sering pindah-pindah jembatan alias nomaden, jadi ndak bisa nyari partner buwat rt-rw net.

    @niez yang naniez :
    terasa deh ngiritnya…

    @adit yang nyasar ke tempat setan :
    semoga ndak terjerumus ke lingkungan sutarwan.

  4. nggak jadi deh nyoba sutarwan..
    pa ada yang lebih murah daripada makan benwit kantor gak ya?

  5. weleh weleh hari gini kok cari murah-an kalo receh-an ini ada mau …ta ???

  6. kenapa gak coba fastnet bung? kita2 (anak2 prodip yg msh ayem ngendog di bintaro) yg anak kost aja pake kok… emang sih sama fastnet-nya gak boleh di-share buat beberapa compi, klo nekat katanya sih bakal di disconnect ma empunya… tp ada bnyk cara buat nge-share biar gak ketauan ma fastnet… bisa pake router+wifi ato dicopy MAC address-nya… kuenceng lhooo…. donlot bisa nyampe 120kbps klo pake paket yg 768kbps…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: